Searching...

Popular Posts

Jumat, 22 Februari 2013

Manfaat Koran Bekas


Kegunaan Koran bekas
Seperti yang kita ketahui, selain penggunaan plastik yang begitu besar kita juga merupakan salah satu yang menggunakan atau mengkonsumsi kertas dalam jumlah yang sangat besar. Tidak usah jauh-jauh, dalam kehidupan sehari-hari, jika kita sedang belajar di sekolah, kita pasti banyak memiliki tulisan-tulisan, catatan ataupun latihan-latihan di buku tulis, yang apabila buku sudah habis pasti diterlantarkan begitu saja atau bahkan mungkin sebagian ada yang dibuang. Jadi, pasti banyak kertas yang terbuang sia-sia. Begitu juga koran-koran atau brosur-brosur, pasti buat kita yang berlangganan koran atau sering mendapatkan brosur yang sudah tidak terpakai dibiarkan menumpuk begitu saja atau bahkan dibuang sembarangan. Padahal kertas-kertas dari buku-buku bekas atau koran-koran bekas dan brosur-brosur juga dapat dimanfaatkan dengan cara di daur ulang. Daripada dijual ke tukang koran bekas, lebih baik kita utak-atik agar menjadi barang baru yang bermanfaat.

Sebaiknya mulai sekarang Anda tidak membuang kertas bekas karena benda yang dinilai sebagai sampah tersebut masih bermanfaat. Salah satunya bisa menjadi media pengganti tanah untuk bertanam khususnya tanaman hias.

Menanam dengan kertas bekas juga cukup efektif bagi tanaman dalam ruang karena tidak membuat kotor. Para pelajar jurusan IPA Geologi sebuah STM di Indonesia mengumpulkan kertas bekas di sekolah agar bisa dimanfaatkan sebagai pengganti media tanah untuk menanam tanaman khususnya tanaman bunga hias.

Metode yang ditemukan guru Biologi sekolah ini sekitar empat bulan lalu cukup mudah. Pengolahan limbah kertas diawali dengan proses penanaman kertas dalam air. Kemudian dilanjutkan dengan peleburan kertas yang telah basah hingga halus menyerupai tanah asli.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebagian kertas di giling dengan mesin blender. Proses ini diguna agar limbah kertas bisa lebih padat saat dimasukan ke dalam pot tanaman. Proses terakhir kertas yang telah halus kemudian di peras dan bisa digunakan untuk bercocok tanam sebagai pengganti media tanah.

Karena mengandung bahan kimia yang cukup berbahaya bagi tubuh manusia, limbah kertas sebaiknya hanya digunakan untuk menanam tanaman yang tidak dapat dikonsumsi. Selain mudah cara pembuatannya cara ini juga nilai sangat efektif untuk jenis tanaman hias dalam ruangan karena tidak menimbulkan debu dan kotor.

Selain itu manfaat lain dari Koran bekas diantaranya sebagai berikut :

1. Mengeringkan dan menghilangkan bau sepatu basah.

Koran ternyata bisa untuk mengeringkan sepatu anda yang basah, adapun caranya adalah :

- Isi bagian dalam sepatu dengan kertas koran sampai penuh
- Bungkus sepatu anda dengan kertas koran sampai beberapa lapis. Lembaran kertas akan menyerap air dan bau, membuat sepatu kering dan segar
- Diamkan selama semalam

2. Membuat jendela mengkilap.

Jika jendela Anda tercoreng, berdebu atau kotor, Anda kehabisan kertas tissue, memanfaatkanlah kertas koran. Pada kaca kotor, tinta koran bertindak sebagai penggosok untuk menghilangkan kotoran, sedangkan kertas menghilangkan coretan.

3. Kertas koran pembersih kaca

Pembersihan bias dilakuakan 2 tahap, tahap pertama menggunakan kertas koran basah untuk membersihkan kaca, tahap kedua menggunakan kertas koran kering untuk mengeringkan dan mebuat kilap

4. Mematangkan buah-buahan dan sayuran lebih cepat.

Seperti alat pematang, kertas koran melepaskan senyawa gas yang disebut ethylene. Buah atau sayur yang dibungkus kertas koran dapat mempercepat matangnya sayur atau buah . Kematangan buah bisa berlangsung beberapa jam sampai 3 hari

1 komentar:

  1. banyak manfaat dari koran bekas, hanya saja mgkn banyak org blm tau..

    BalasHapus